Tuesday, February 2, 2010

matikan lampu saat tidur yuk...

Dengar dari Jak-FM hari ini, "matikan lampu dan tv pada saat tidur.. karena tubuh memerlukan gelap untuk memproduksi melatonin sementara kita tidur, melatonin adalah salah satu hormon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bahkan dapat mencegah kanker."

Hmmm... pernah dengar sih sebelumnya dan sudah agak lama.
Coba browsing cari-cari info... ternyata memang sudah banyak yang menulis tentang ini. Tapi kok rata-rata tulisan dari blog ya??? susah juga nyari penjelasan dari dokter atau ahlinya langsung. Tapi nggak apa-apalah bisa buat tambahan informasi...

Seorang Biolog, Joan Roberts menemukan rahasia setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan tersebut diberi cahaya buatan pada malam hari, melantonin nya(salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat) menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya Lampu – seperti juga TV – menyebabkan hormon menjadi sangat lelah. Keadaan malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari – sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti. Ternyata hal ini mampu membuat sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga sangat rentan terhadap penyakit terutama virus flu yang sangat mudah menyebar.
Tidur yang berkualitas dalam artian bahwa dalam selang waktu selama kita tidur, otak kita benar-benar dalam keadaan beristirahat. Beberapa hal yang terkadang sering kita lakukan saat tidur yakni menyalakan lampu atau sinar cahaya. Sinar cahaya saat kita tidur menjadikan kualitas tidur kita kurang baik, ini dikarenakan sinar tersebut masih berperan sebagai perangsang stimulator kerja otak.
Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus sampai bagian mata kita walaupun dalam keadaan terlelap, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Dengan kata lain walaupun mata kita terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar maka otak kita akan bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut.
Kejadian ini yang mengakibatkan kualitas tidur kita sangat rendah karena otak masih bekerja walaupun dalam kuantitas yang rendah. Tidur yang baik adalah dengan mematikan lampu atau benar-benar dalam keadaan gelap, sehingga tidak ada rangsangan yang harus diterima oleh mata dan otak kita. Dengan itu kita akan mendapat kualitas tidur yang tinggi dan relaksasi yang baik.

No comments:

Post a Comment