Tuesday, February 9, 2010

Jenuh

Beberapa bulan terakhir ini kok agak aneh ya...
Merasa lebih nyaman sendirian, agak males chit-chat sama yang lain, ngambang.... gak jelas deh. Kayaknya lagi ada masalah secara sosial yang tak tergambarkan. Kenapa ya????

Asik sendiri, denger musik, browsing, baca, nulis... benar-benar menarik diri secara sosial. Apa ini karena jenuh??? Sebenarnya jenuh itu apa sih, bosan itu yang seperti apa? Kalau dirasa-rasa... nggak jenuh kok, gak bosan. Tapi ngambang, statis, gak ada irama, gak ada gejolak, lebih kearah mati rasa....

Menurut penjelasan yang ada di sebuah situs, hal ini disebabkan oleh kejenuhan / kebosanan yang akut.... woooowww, kalimatnya menyeramkan!!!

Disana dijelaskan, "tingkat kejenuhan / kebosanan jika sudah mencapai tingkat tertingginya maka tidak akan terlalu mengganggu lagi. Tapi dampaknya, pikiran jadi "gamang". Terasa tenang, tidak memili gejolak-gejolak seperti normalnya, lebih senang berada dalam kesendirian dari pada bersosialisasi dengan sesamanya, namun bahayanya keadaan ini sampai pada orang tersebut tidak lagi memiliki obsesi, tidak lagi tahu igin apa dalam hidupnya dan tidak ingin melakukan apapun. Aktifitas yang dijalaninya hanyalah aktifitas rutin yang memang harus dijalaninya sebagai sebuah kewajiban"

Hahahaha..... untung disana gak dibilang... "lama-lama bisa gila".
Tapi, benar juga kali ya... awalnya memang bosan, jenuh dengan rutinitas.
Kalau sebelum ini, masih ada kegiatan lain selain rumah-kantor-rumah, masih ada kampus... lumayan bisa untuk meningkatkan adrenalin dalam debat atau sekedar sharing pemikiran ringan dibeberapa mata kuliah. Sekarang.... hmmmm.

Sepertinya memang butuh kegiatan lain selain jalur rumah-kantor-rumah. Cari kegiatan apa ya??? Bisnis-bisnis kecil yang bisa menyita perhatian seru kali ya... tapi bisnis apa??? Inginnya sih ada kegiatan lain selain rumah-kantor-rumah, tapi daffa-freya tetap nggak ketinggalan. Dimana ya bisa cari partner yang pas??

Harus buru-buru ditandaklanjuti nih, sebelum berkelanjutan dan akhirnya diriku mesti terdampar di meja psikiater (wuuuiiiiiihhh......)

Btw, ada yang kasih saran, hal yang harus dilakukan adalah balik ke Sang Pemilik Hidup. Balik dalam artian lebih berserah dan lebih bersyukur. Karena kejenuhan bisa juga merupakan gejala bahwa kita kurang mensyukuri nikmat-Nya... Jika kita senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya, maka kita akan sangat menyadari bahwa kita adalah orang yang beruntung dengan segala yang kita miliki karena tidak semua orang bisa memiliki sebanyak yang kita punya..... (tengkiu Pak Haji... hehehe).

Astagfirullah... mungkin juga ini benar. Ya, ini mungkin saat dimana rasa syukur cuma mudah diteorikan namun sulit dalam pelaksanaan. Wallahualam.

7 comments:

  1. bener banget mbak... kayaknya itu cara yang paling efektif.... :D

    ReplyDelete
  2. indri...salam kenal lagi, aku juga udah link blog mu ini... :) sepertinya semua orang juga pernah mengalami yg namanya jenuh...hanya sampai tingkatan mana jenuhnya itu yang beda beda yaa...

    dan bener tuuuh kata pa haji...hehehe...tapi sekalipun begituhpun.....kalo diucapkan itu memang gampang banged ya...semoga semua nya cepat teratasi yaa...tetap semangat...hueeheee..opo tooh sil... :)

    ReplyDelete
  3. wah mba..aku hampir seperti mba nih masalahnya..
    jenuh..bosan..sampai2 seperti tak punya obsesi lagi.
    jadi kayak.."jalanin aja hidup apa yg ada" gk pengen ngpa2in lagi..
    bahaya jg, krna aku sempet kepikiran gmna caranya supaya gk sampe jadi semakin jenuh.

    hmm..ngapain yah??

    btw..salam kenal mba linknya udah aku pasang :)

    ReplyDelete
  4. Hi Mbakyu, salam kenal yah. Saya Susan. Boleh di link ga blognya? Kalo Mba sempat mampir yah ke blog gw & hubby di keluargazulfadhli.blogspot.com.

    Btw, semoga cepet menemukan hal2 baru yang bisa menghilangkan kejenuhan :-) Mungkin Mba harus sesekali mecoba keluar dari 'comfort zone' dan melakukan hal2 yang ga pernah dilakukan seumur hidup. Pluz ga lupa untuk banyak2 bersyukur atas semua yang udah dimiliki sekarang. Semangath Jeng!!! :-)

    ReplyDelete
  5. ikutan komen ya..

    keknya setiap orang pasti pernah ngalamin rasa jenuh dan bosan. Kudu cepet2 merefresh hati dan jiwa tuh mba indri.

    ketemu teman-teman lama or melakukan hal yang dulu menyenangkan di masa muda bisa jadi alternatif kalau suasana hati lagi jenuh

    ReplyDelete
  6. Silvi: semangat...betul, harus tetap semangat, jenuh memang harus dilawan ya mbak...

    Melly: waahh, punya teman sependeritaan nih aku.. bisa saling berbagi kita hehehe

    Susan: boleh banget bun, aku dah pasang juga link mu. salam kenal juga ya...

    Entik: iya sih mbak, tapi aku lagi pengen nyari temen-temen baru yang menyenangkan seperti kalian semua.. hehehe Insyaallah

    Salam kenal semuanya!!!

    ReplyDelete